Program Mobilisasi Dosen Pakar/Ahli Kemenristekdikti Tahun 2018

Politeknik Negeri Madiun (PNM) merupakan Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTN B) yang berupaya untuk mewujudkan tugas fungsinya dengan produktivitas tinggi untuk lebih berperan dalam upaya pemerintah untuk memperluas pendidikan tinggi. Perubahan status menjadi PTN B mengharuskan PNM memikirkan bagaimana upaya untuk melakukan peningkatan di segala bidang agar PNM dapat secara nyata mampu mendekati kesejajaran kualitas dengan PTN dan Politeknik Negeri yang sudah lebih dahulu ada.

Kegiatan PMDP-A memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan iklim akademik penelitian dan pengabdian, melengkapi dan menyempurnakan kelengkapan institusi, membangun suasana akademik yang kondusif dan membangun jejaring kerjasama antara Pertisas dengan berbagai lembaga lain termasuk dengan Perguruan Tinggi Sumber (Pertisum) asal DP-A.

Dalam upaya peningkatan kualitas Tri Dharma, pengembangan SDM serta kualitas kapasitas institusi di PNM, beberapa program kegiatan telah dipilih untuk diusulkan pada PMDP-A sesuai dengan kebutuhan. Program kegiatan usulan PMDP-A yang disetujui yaitu :

1. Kegiatan pertama Penyusunan dan Pendampingan Penerapan Sistem Penjaminan Mutu,

2. Kegiatan kedua Pelatihan Penyusunan Road Map P2M Perguruan Tinggi, Jurusan dan Program Studi, dan

3. Kegiatan ketiga Persiapan Akreditasi Institusi.

111111

(Foto: Monitoring Kegiatan PMDPA di PNM oleh Tim Ristekdikti)

Program kegiatan tersebut berlangsung selama 24 Hari dimulai pada tanggal 18 Juli sampai dengan bulan Agustus 2018 sesuai dengan sekuens masing-masing kegiatan yang diusulkan, dan mendatangkan Dosen Pakar/Ahli dari 3 PTN. Dosen pakar untuk Kegiatan Pertama yaitu Bapak M. Agus Zainudin berasal dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), untuk Kegiatan Kedua yaitu Ibu Ratih Indri Hapsari dari Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) dan untuk Kegiatan Ketiga yaitu Bapak Royswan Isgandhi dari Politeknik Negeri Semarang (POLINES).

Diharapkan setelah program PMDPA selesai melalui kegiatan pertama adalah semakin membaiknya sistem penjaminan mutu yang ada di PNM, melalui kegiatan kedua maka Tersusunnya Roadmap Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di PNM, dan yang terakhir melalui kegiatan ketiga tersusunya borang akreditasi untuk Institusi PNM. Sehingga Institusi PNM sebagai PTN-B segera terakreditasi. (Admin).