Workshop Pengisian Beban Kerja Dosen tahun 2018

Madiun 14 November 2018, Perpustakaan Politeknik Negeri Madiun. Telah dilaksanakan workshop pengisian Beban Kerja Dosen (BKD) oleh narasumber dari Politeknik Negeri Malang Bpk. Drs. Joni Dwi Pribadi, M.AB. dan Bpk. Achmad Suryono M.S. Kedua narasumber memberikan pelatihan kepada dosen di Politeknik Negeri Madiun tentang tata cara pengisian beban kerja dosen sesuai dengan rubrik BKD.

1

(Foto : Kegiatan Workshop Pengisian Beban Kerja Dosen (BKD) tahun 2018)

Kegiatan workshop meliputi : penjelasan pentingnya pelaksanaan BKD bagi dosen, teknis pengisian rubrik BKD, serta simulasi penilaian dari rubrik BKD yang telah diisi. Peserta workshop pengisian BKD adalah seluruh dosen dari jurusan dan program studi di Politeknik Negeri Madiun.

2.[1] 3.[1]

(Foto : Foto Acara Kegiatan Workshop Berlangsung)

Tujuan dilaksanakan workshop pengisian BKD adalah untuk memberikan pelatihan dan meningkatkan profesionalisme dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang meliputi bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta Penunjang Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Dalam menghitung BKD penghitungannya didasarkan pada kegiatan pokok, tugas tambahan dan kegiatan penunjang. Beban kerja pada kegiatan pokok dosen disesuaikan dengan besarnya beban tugas tambahan, bagi dosen yang mendapatkan tugas tambahan. Sehingga diharapkan beban kerja dosen akan terdistribusi secara proposional dan terukur pada semua bidang kegiatan tridharma perguruan tinggi.

4 5

(Foto : Foto Acara Kegiatan Workshop Berlangsung)

Dampak positif dari kegiatan ini secara langsung dan tidak langsung adalah meningkatnya pemahaman dosen tentang kewajiban dalam bidang pembelajaran, membimbing PKL atau Tugas Akhir, melakukan tugas tambahan, melakukan penelitian, dan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Serta meningkatnya kemampuan dosen dalam mengisi rubrik BKD. Diharapkan workshop pengisian beban kerja dosen dapat dilakukan secara periodik demi peningkatan mutu dosen di PNM.